Kemampuan Mahasiswa Uniska Kediri dalam Memahami Ejaan pada Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Authors

  • Ervina Damayanti Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9374

Abstract

Penelitian yang berjudul kemampuan mahasiswa Uniska Kediri dalam memahami ejaan pada penulisan karya tulis ilmiah ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah bahasa Indonesia pada Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Kadiri (Uniska), Kediri tahun ajaran 2021/2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengerjaan karya tulis ilmiah mahasiswa pada Prodi Teknik Elektro yang diperoleh secara acak. Peneliti menggunakan penilaian dengan metode analitik dengan mempertimbangkan hasil tulisan mahasiswa yang dinilai dari segi tertentu, yaitu, ejaan. Hasil data menunjukkan bahwa Sebagian besar kesalahan ejaan pada mahasiswa Prodi Teknik Elektro adalah penggunaan tanda koma yaitu, berjumlah kurang lebih 285. Adapun kesalahan ejaan kedua adalah penulisan huruf miring yang berjumlah 121, sedangkan kesalahan ejaan ketiga yaitu, penulisan huruf kapital yang berjumlah 37. Untuk kesalahan kata baku dan kata depan sama sama berjumlah 8. Kesalahan ejaan yang paling sedikit berjumlah 6, yaitu kesalahan pada penulisan tanda titik.

Downloads

Published

2022-11-30