Kemampuan Mahasiswa Uniska Kediri dalam Memahami Ejaan pada Penulisan Karya Tulis Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9374Abstract
Penelitian yang berjudul kemampuan mahasiswa Uniska Kediri dalam memahami ejaan pada penulisan karya tulis ilmiah ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah bahasa Indonesia pada Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Kadiri (Uniska), Kediri tahun ajaran 2021/2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengerjaan karya tulis ilmiah mahasiswa pada Prodi Teknik Elektro yang diperoleh secara acak. Peneliti menggunakan penilaian dengan metode analitik dengan mempertimbangkan hasil tulisan mahasiswa yang dinilai dari segi tertentu, yaitu, ejaan. Hasil data menunjukkan bahwa Sebagian besar kesalahan ejaan pada mahasiswa Prodi Teknik Elektro adalah penggunaan tanda koma yaitu, berjumlah kurang lebih 285. Adapun kesalahan ejaan kedua adalah penulisan huruf miring yang berjumlah 121, sedangkan kesalahan ejaan ketiga yaitu, penulisan huruf kapital yang berjumlah 37. Untuk kesalahan kata baku dan kata depan sama sama berjumlah 8. Kesalahan ejaan yang paling sedikit berjumlah 6, yaitu kesalahan pada penulisan tanda titik.Downloads
Published
2022-11-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ervina Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).