Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika menggunakan Aplikasi Flipbook Maker

Authors

  • Reri Seprina Anggraini Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Widya Sustipa Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Selvia Erita Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran matematika menggunakan aplikasi flipbook maker pada materi lingkaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata skor secara berurutan yaitu 83% dan 90% yang dikategori “Sangat Valid”. Hasil respon guru matematika dan siswa secara berurutan mendapatkan rata-rata skor 97% dan 89% yang dikategori “Sangat Praktis”. Kualitas uji efektifitas menggunakan N-gain menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa 80% yang dikategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran matematika valid (layak), praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran, dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Downloads

Published

2022-11-26