Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Materi Pewarisan Sifat

Authors

  • Maria Marcelina Dua Nurak Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Bare Universitas Nusa Nipa
  • Sukarman Hadi Jaya Putra Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9332

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran harus sesuai dengan kondisi sekolah, peserta didik serta pemilihan media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerangka pengembangan dan kelayakan media LKPD berbasis guided inquiry pada materi pewarisan sifat pada makhluk. Penelitian ini dilakukan di SMP Yapenthom 2 Maumere. Jenis penelitian berupa pengembangan atau Research and Develompment dengan mengikuti model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk produk LKPD berbasis guided inquiry dinyatakan sangat valid dengan rerata persentase kevalidan sebesar 93,76%. Selanjutnya dilakukan uji coba tahap 1 yang presentase kelayakan LKPD berbasis guided inquiry masing-masing sebesar 100% dan 98,67% dengan kategori sangat layak. Uji coba tahap kedua memperoleh rerata presentase kelayakan masing-masing sebesar 100% dan 99,50% dengan kategori sangat layak.

Downloads

Published

2022-12-19