MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGUNAKAN METODE CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) BERBASIS HERBARIUM

Authors

  • Nur Rizkiyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.929

Abstract

Hasil wawancara guru mata pelajaran dengan siswa kelas X, untuk konsep tumbuhan pakiu mereka menemui kesulitan untuk memahaminya. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compiosition) berbasis herbarium. Dalam metode CIRC ini kelas dibagi menjadi kelompok kecil-kecil dan masing-masing kelompok diberi tanggung jawab sendiri-sendiri untuk menyelesaikan tugasnya. Herbarium yang digunakan adalah jenis-jenis tumbuhan paku yang dikumpulkan siwa selamamasa praktikum lapangan dengan teknik menjelajah dan sebagian ditambah dengan koleksi milik guru yangb sudah ada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelia]tian ini adalah penelitian kuslitatif dengan tipe penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X SMAN 4 Probolinggo melalui dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan hasil tes, observasi kelas dan angket siswa. Hasil penelitian ini menunjukan dengan menggunakan metode pembelajaran CIRC berbasis herbarium maka hasil belajar biologi siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat dari hasil tes awal mencapai 24% hasil tes akhir siklus I mencapai 52% pada siklus II meningkat menjadi 84%. Hasil angket siwa terhadap metode pembelajaran CIRC berbasis herbarium ysng digunakan pada konsep tumbuhan paku menunjukan bahwa sebagian besar siswa sangat setuju pembelajaran ini menggunakan pendekatan herbarium. Kata Kunci: Metode Pembelajaan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) , Hasil belajar, konsep ptheridophyta.

References

Abdurrahman. 1999. Pendekatan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Arikunto. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Arikunto. S. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka

Cipta.

Aryulina, 2006. Biologi untuk kelas X. Buku Eshis, Jakarta

Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture

Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36.

Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat

Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1).

Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019, March). The Effectiveness of Cooperative Learning

Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.

Lawi, S., & Putra, S. H. J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based

Learning dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Santa Maria Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(2).

Manurung. M. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia Widya sarana

Indonesia

Onrizal. 2005. Teknik Pembuatan Hebarium. http://ocw.usu.ac.id. Diakses pada tanggal

Februari 2013.

Tjitrosoepomo, G. 2007. Morfologi Tumbuhan. Gajah Mada University Press Yogyakarta.

Sumarwan. 2006. Mengenal tumbuhan paku. www.tumbuhanpaku.com.diakses 12

Februari 2013

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD)

dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Downloads

Published

2020-09-24