PENGGUNAAN METODE NON DIRECTIVE DENGAN MENGGUNAKAN PETA UNTUK MENINGKATKAN KEGIATAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP

Authors

  • Arief Nugroho Wibowo
  • Agus Supandi
  • Aster Pujaning Ati
  • Dwi Narsih
  • Sigit Widiyarto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.927

Keywords:

Learning Outcomes, Non Directive, Maps

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Cilengsi Bogor dalam penerapan Metode Non Directive dengan menggunakan media peta. (2) hasil belajar siswa kelas VII-1 IPS dalam penerapan Metode Non Directive dengan menggunakan media peta. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Cilengsi Bogor yang berjumlah 38 orang. teknik pengumpulan data dengan menggunakan komunikasi langsung dan tidak langsung. alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar obdervasi dan tes. tes yang digunakan sesuai dengan tujuan kurikulum yang dicapai dan diambil dari buku pelajaran IPS kelas VII-1 SMP Negeri 1 Cilengsi Bogor. untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan LKS dan pos tes. penelitian ini dilakukan dengan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. setiap siklus mempunyai tahapan- tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan belajar siswa dengan ketuntasan siswa mencapai 35,18% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 46,22%. dari hasil penelitian dapat dilihat juga peningkatan kemampuan belajar siswa dengan LKS pada siklus II menjadi 94,44%. dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Non Directive dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada siswa SMP Negeri 1 Cilengsi Bogor Tahun Ajaran 2010/2011. Kata Kunci: Hasil Belajar, Non Directive, Peta

References

Arikunto, S, dkk (2007) Penelitian Tindakan Kelas, PT Raja Grafindo

Persada, Jakarta.

Khorini'mah, S. M., & Kamala, I. (2020). Peran Orang tua dalam Melatih

Disiplin pada Anak Tunagrahita. Journal on Teacher Education, 2(1), 59-65.

Novita, Y., Pebriana, P. H., & Astuti, A. (2019). Penerapan Model Example

Non Example untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 103-116.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta:

Rineka Cipta.

Rahmiyati, A. (2017). Pengaruh Self Regulated Learning terhadap

Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio

Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 151-158.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada

Media Group.

Sudjana, N. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosda Karya.

Sulfemi, W. B. (2019). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru dengan

Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor.

Tianingsih, D. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Team Quiz Dengan Metode Non-Directive Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xi Sman 12 Banda Aceh. Etd Unsyiah.

Downloads

Published

2020-09-24