Optimalisasi Layanan Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9209Abstract
Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tertulis dan terekam, yang dikelola dengan prosedur tertentu guna melengkapi kepentingan intelektualitas penggunanya. Perpustakaan dapat menjadi salah satu sarana untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan jika perpustakaan dapat dimanfaatkan secara efektif. Diperlukan adanya upaya-upaya atau yang harus dilakukan agar perpustakaan menjadi tempat meningkatkan minat baca peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya optimalisasi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 4 Wiro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi dengan melibatkan kepala sekolah, seorang guru, dan seorang siswa di SD Negeri 4 Wiro yang sedang bertugas di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menarik kesimpulan dari hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tulisan ini merupakan realita yang diperoleh dalam pelaksanaan observasi yang dilakukan terhadap upaya optimalisasi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 4 Wiro.Downloads
Published
2022-12-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Halimah Sa'diyah, Aprilia Dwi Noorjanah, Wibowo Heru Prasetiyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).