Optimalisasi Layanan Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Authors

  • Halimah Sa'diyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aprilia Dwi Noorjanah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wibowo Heru Prasetiyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9209

Abstract

Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tertulis dan terekam, yang dikelola dengan prosedur tertentu guna melengkapi kepentingan intelektualitas penggunanya. Perpustakaan dapat menjadi salah satu sarana untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan jika perpustakaan dapat dimanfaatkan secara efektif. Diperlukan adanya upaya-upaya atau yang harus dilakukan agar perpustakaan menjadi tempat meningkatkan minat baca peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya optimalisasi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 4 Wiro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi dengan melibatkan kepala sekolah, seorang guru, dan seorang siswa di SD Negeri 4 Wiro yang sedang bertugas di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menarik kesimpulan dari hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tulisan ini merupakan realita yang diperoleh dalam pelaksanaan observasi yang dilakukan terhadap upaya optimalisasi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 4 Wiro.

Downloads

Published

2022-12-09