Upaya Pemantapan Membaca Al-Qur’an di Bumrungsuksa School, Thailand
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9109Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi upaya-upaya yang dilakukan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqra’dalam di Bumrungsuksa Islamic Boarding School, Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti terjun langsung kelapangan mengamati dan menilai proses pelaksanan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan penggunakaan metode Iqra’ dalam upaya pemantapan membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian ini adalah metode Iqra’ yang digunakan peneliti merupakan metode yang cukup efektif diimplementasikan dalam pembelajaran membaca Al-Quran. Adapun kemampuan siswa yang dapat ditingkatkan adalah siswa mampu mengucapkan huruf hijaiyah sesuai dengan tempat keluarnya masing-masing, siswa dapat membaca panjang pendeknya huruf dengan benar, dan beberapa siswa juga dapat menguasai hukum bacaan qalqalah, dan ilmu tajwid lainnya.Downloads
Published
2022-12-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Frida Sari Samosir, Zailani Zailani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).