Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Kooperatif Debat Kimia Berbasis ICT di Kelas Xii Ia 2 SMA Negeri 2 Maumere
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.906Keywords:
Model Kooperatif, Debat Kimia, TIKAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa pada materi reaksi oksidasi dan reduksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran kooperatif debat kimia berbasis TIK. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII IA SMA Negeri 2 Maumere. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dengan instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan observasi langsung menggunakan lembar pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I meningkat 3,78 menjadi 7,14 pada siklus IIReferences
Arikunto, S dkk. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi V). Jakarta: Asdi Mahasatya.
Mansur, S. 2018. Aplikasi Asesmen Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gelogor. Universitas Muhammadiyah Makasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (1): 49-55. DOI: http://dx.doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1239
Mansur, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere. STAI Darul Kamal NW Kembang kerang. Jurnal Al-Muta’aliyah. 1 (1): 117-127. DOI: http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah
Mansur, S (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 74-80. https://doi.org/10.29405/j.bes/2174-801314
Mansur S, Bare. Y. (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere , BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains: Vol. 3 No. 2
Nafia, I. 2013. Meningkatan Aktivitas dan hasil belajar mengelola konflik dengan CO-OP siswa X BB2(online). (http://www.slametpriyadi.com/2011 /09/19/kelebihan-keku-rangan-metode-ceramah-dalam pembelajaran/, Diakses 21 april 2019).
Rofiq, M. N. 2010. Pembelajaran Koperatif dalam Pengajaran Islam. Jurnal FALASIFA vol. 1 No. 1 Maret 2010.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Edisi Kedua. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Slavin, R E. 2007. Cooperative Learning Teotri, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.