PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK GAME UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SD NEGERI DENDENG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • yana taopan SD Negeri Dendang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.904

Keywords:

Talking Stick Game, Motivasi dan hasil Belajar, Organ Gerak Hewan.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model talking stick game. jenis penelitian tindakan kelas model spiral dari Kemmis dan Taggart (R.Wiriaatmaja, 2009:66) di mana setiap siklus dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan (plan), tindakan (act) , pengamatan (observ), dan refleksi (reflect). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa 69,58% kemudian pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,69%. Penggunaan model talking stick game dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan rata-rata siklus I 69,58% dan siklus II 80,69.

References

Budiningsih, C. A.2010 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Campbell. Jane. B. Reece. Lawrence G. Mitchell. 2003. Biologi. Jakarta: Erlangga

Dirmin dan Juarsih, C. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta : Rineka Cipta.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hardini, I. dan Puspita, D. (2012) Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta:

Familia

Kusmawati, R. Omegawati, W, H. 2010. PR Biologi Untuk SMA/MA Kelas X/2Kalten: Intan Pariwara.

Mansur, S. 2018. Aplikasi Asesmen Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gelogor. Universitas Muhammadiyah Makasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (1): 49-55. DOI: http://dx.doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1239

Mansur, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere. STAI Darul Kamal NW Kembang kerang. Jurnal Al-Muta’aliyah. 1 (1): 117-127. DOI: http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah

Mansur, S (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 74-80. https://doi.org/10.29405/j.bes/2174-801314

Mansur S, Bare. Y. (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere , BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains: Vol. 3 No. 2

Lutfi. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktik dan Penelitian. UNP Press: Padang

Nur, A., Kundera, I. N., Tangge, L. N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Biologi di Kelas Xi IPA MAN 2 Model Palu: Universitas Tadulako. Jurnal Mitra Sains. 4 (4): 57-66

Pitoyo, A. Nurdina, R, A. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Sidoarjo : Mas media Buana Pustaka

Downloads

Published

2020-09-12