Efektifitas Model Pembelajaran Kontekstual dan Inkuiri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Yulianti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9036

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kontekstual dan inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar kelas 5 dari SDN Purworejo dan SDN Dersansari 02. Teknik penggumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan analisis data menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini nilai sig. 2 tailed 0,005 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan model pembelajaran kontekstual lebih unggul atau dapat dikatakan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Downloads

Published

2022-11-23