PERANAN GURU YANG TELAH DISERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 011 SUKAJADI PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.902Keywords:
Guru, Sertifikasi, Mutu PembelajaranAbstract
Peran guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran menjadi penting karena salah satu unsur dalam mengembangkan atau tercapainya tujuan pendidikan nasional adalah kemampuan guru dalam memberikan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah Pelaksanaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial oleh guru-guru yang sudah disertifikasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri 011 Sukajadi Pekanbaru. Untuk memperoleh pemahaman tentang persoalan tersebut maka maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru-guru yang sudah disertifikasi di SDN 011 Sukajadi Pekanbaru telah menerapkan kompetensi pedagogik dapat lihat pada silabus, RPP, metode yang dipakai dan evaluasi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Kompetensi kepribadian dapat dilihat dari sikap dan kebribadian guru-guru yang telah disertifikasi dalam menegakkan kedisiplinan, arif, berwibawa. Kompetensi professional dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil belajara siswa dari tahun ketahun mengalami peningkatan dan kompetensi sosial dapat dilihat dari hubungan antara guru-guru yang sudah disertifikasi dengan murid, guru yang belum disertifikasi, kepala sekolah, pegawai tata usaha dan penjaga sekolah terjalin dengan baik dan harmonis.References
Anwar Arifin, 2006 Eksistensi dan Implementasi http://elpramwidya.wordpress.com/2009/01/09/
Azmi. 2006. Handout Penelitian Kualitatif : Naturalistic Inquiry Materials Oleh D. D. William, Ph.D. (saduran). Padang: Universitas Negeri Padang.
Benny. (2007) Model Disain Sistim Pembelajaran. Jakarta. Dian Rakyat
Bungin, Burhan. 2005. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswin. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
E, Mulyasa, 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung RoSBa Karya.
Farida Sarimaya, 2008 Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?, Yrama
Media.
Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. (2007) Pengembangan Profesional Guru. Pekanbaru. Cendikia Insani
Ki, Supriyoko. 2007. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Duru TK dan SD. Pekanbaru. Fasilitator
Kunandar. 2007. Guru Profesional, Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jagakarsa. Raja Grafindo Persada.
Miles dan Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia.
Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleoung, J Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Purwanto, Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja RoSBakarya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif Bandung. CV. Alfabeta
Sumardi Suryabrata. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang- Undang no 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Universitas Negeri Padang. 2004. Buku Panduan Penulisan Tesis dan Padang: PPS Universitas Negeri Padang.
Zainal, Aqib. 2009. Menjdi Guru Yang Profesional. Bandung. Yrama Widia.