Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi Taman Dewasa Pawiyataman

Authors

  • Alvira Pranata Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8660

Abstract

Penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan inklusi taman dewasa pawiyataman yang ditinjau dari kurikulum pembelajaran, penilaian dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian memberikan kesempatan memperoleh Pendidikan yang seluas-luasnya bagi anak berkebutuhan khusus, dan meningktkan efektivitas penyelenggaraan program Pendidikan inklusi. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian evaluasi model discrepancy. Kesenjangan yang dikembangkan oleh Provus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan pelaksanaan pendidikan inklusi di Taman dewasa pawiyataman masih belum dikatakan layak, hal itu dikarenakan jumlah guru pendamping khusus masih kurang. Kompetensi dan sarana prasarana juga belum sepenuhnya dapat mendukung terlaksananya pendidikan inklusi, sehingga kegiatan yang menunjang pengembangan bakat anak berkebutuhan khusus belum bisa terlaksana.

Downloads

Published

2022-11-14