Kompetensi Guru Pendidikan Khusus Beprestasi Tingkat Nasional

Authors

  • Effran Zudeta Universitas Lancang Kuning
  • Despa Ayuni STIT Al-Quraniyah
  • Bintha Ustafiano Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8571

Abstract

Penelitian ini berawal dari seorang Master L berprestasi di SLBN 1 Padang. Hal itu terbukti dari penghargaan yang diperoleh guru L baik di Kota Padang, Provinsi maupun Nasional. Untuk mendapatkan penghargaan tersebut, tidak sembarang guru dapat memilikinya, namun guru perlu memiliki kompetensi guru yang baik sehingga mampu membawa perubahan di bidang pendidikan luar biasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Luar Biasa di SLBN 1 Padang. Serta guru sebaya, kepala sekolah, keluarga, masyarakat sekitar rumah merupakan informan pendukung untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kompetensi guru L baik yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Downloads

Published

2022-12-18