Kompetensi Guru Pendidikan Khusus Beprestasi Tingkat Nasional
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8571Abstract
Penelitian ini berawal dari seorang Master L berprestasi di SLBN 1 Padang. Hal itu terbukti dari penghargaan yang diperoleh guru L baik di Kota Padang, Provinsi maupun Nasional. Untuk mendapatkan penghargaan tersebut, tidak sembarang guru dapat memilikinya, namun guru perlu memiliki kompetensi guru yang baik sehingga mampu membawa perubahan di bidang pendidikan luar biasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Luar Biasa di SLBN 1 Padang. Serta guru sebaya, kepala sekolah, keluarga, masyarakat sekitar rumah merupakan informan pendukung untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kompetensi guru L baik yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.Downloads
Published
2022-12-18
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Effran Zudeta, Despa Ayuni, Bintha Ustafiano
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).