Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rizki Sakinah Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8558

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor penghambat kemampuan membaca permulaan kelas II SDN 88 Palembang dan untuk mengetahui peran guru terhadap siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan juga untuk mengetahui solusi terhadap siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.instrument yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa ada dua faktor penghambat siswa yang mengalami kesulitan membaca yaitu faktor internaldan faktor eksternal, sedangkan peran guru terhadap faktor penghambat kemampauan membaca permulaan yaitu guru harus bias berpikir kreatif terhadap bahan ajar siswa dan untuk solusinya guru kelas memberikan perhatian khusus kepada anak yang mengalami kesulitan membaca.

Downloads

Published

2022-11-18