Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Elektronik Berupa E-Booklet Bernuansa ESQ tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.8513Abstract
Media pembelajaran menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya yaitu e-booklet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berupa e-booklet bernuansa ESQ. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada 30 peserta didik dan satu orang pendidik biologi SMA Adabiah 2 Padang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis angket peserta didik dan wawancara pendidik mata pelajaran biologi di SMA Adabiah 2 Padang menunjukan bahwa 90% peserta didik menyatakan kurang adanya variasi media pembelajaran di SMA Adabiah 2 Padang, 100% peserta didik menginginkan pengembangan media pembelajaran elektronik berupa e-booklet, dan 85% peserta didik memilih materi sistem reproduksi sebagai materi yang sulit untuk dipahami dalam pembelajaran. Serta media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berfokus pada pengembangan aspek intelektual dan belum menyentuh aspek emosional dan spiritual. Dapat disimpulkan bahwa diperlukan pengembangan media pembelajaran berupa e-booklet bernuansa ESQ tentang materi sistem reproduksi kelas XI SMA Adabiah 2 Padang.Downloads
Published
2023-02-08
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Richard Samea Andrian, Sa’diatul Fuadiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).