Efektivitas Permainan Tradisional Tarompah Stimulasi Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Sakinah Siregar UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Nidaun Nabila UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8421

Abstract

Perilaku prososial anak usia dini masih menjadi permasalahan besar khususnya pasca pendemi covid-19. Perkembangan digital yang pesat erat mempengaruhi perilaku kerjasama, menolong, berbagi dan empati anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektiftas permainan tradisional tarompah dalam menstimulasi perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasy eksperimental dengan jumlah sampel 60 anak pada kelas TK B. Hasil rata-rata uji-t pada kelas eksperimen sebesar 78.30 sedangkan kelas Kontrol 39,70 dengan hasil uji efektivitas permainan tradisional tarompah pasca diberikan perlakuan sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan permainan tradisional tarompah efektif untuk menstimulasi pembentukan perilaku prososial khususnya perilaku kerjasama, membantu, menolong dan empati.

Downloads

Published

2011-11-10