PENGARUH METODE BERERITA TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DARUSSALAM KUALU NENAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.835Keywords:
kemampuan kosakata, metode berceritaAbstract
Berdasarkan hasil pengamatan di TK Darussalam Kualu Nenas terhadap kemampuan kosakata anak belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penerapan kegiatan metode bercerita. Masalah dalam penelitian ini adalah kosakata yang dimiliki oleh anak rendah, ditandai ketika anak belum mampu menjawab pertanyaan yang diajukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Darussalam Kualu Nenas. Sampel penelitian berjumlah 15 anak. penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan statistik dengan uji t-test dengan program SPSS 16,0. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan teknik independent T-test, diperoleh thitung sebesar 0,000 pada taraf signifikansi a < 0,005. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima karena 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan koskata pada anak usia 5-6 tahun di TK Darussalam Kualu Nenas.References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bimo. (2010). Makalah Ringkas. [Online]. Tersedia dalam:
https://kakbimo.wordpress.com/makalah- ringkas/ [diakses 25 Desember
.
Dhieni, Nurbiana dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Fauziddin, Mohammad. 2014. Pembelajaran Paud. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Gusmalinda, 2016.Pengaruh Media Gambar Diam Terhadap Kemampuan
Berbicara Anak Uisa 5-6 Tahun Di Paud Kemuning Kecamatan Tenayan
Raya Pekanbaru. Universitas Riau: Pekanbaru
Hartono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
https://dongengceritarakyat.com/wp- content/uploads/2017/02/dongeng-fabel- kuda-dan-kancil.jpg [Diakses 11 Juli 2018]
https://media.neliti.com/media/publication s/Article. Html [Diakses 30
Desember 2017]
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001. Departemen Pendidikan Nasional
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137
Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia : Jakarta.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak.
Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Muyassaroh, Rohmatul Annisa, Jurnal. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap
Kemampuan Kosakatadasar Anak Usia 4¬5 Tahun Di RA Muslimat
Banyumas Kabupaten Pringsewu. [Diakses] Tersedia Dalam Http://Ejournal
Naibaho, Santha. (2017). Pengaruh Kegiatan Kolase Montase Terhadap
Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5¬6 Tahun di TK Tunas Melati
Kandis, Kabupaten Siak. Univrsitas Riau: Pekanbaru
Rodiyah, Asri. (2013). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan
Kosakata Anak Usia 3-4 Tahun Pada Play Group Tunas Bangsa Mojokerto.
[Online] Tersedia dalam http://webcache.googleusercontent.com/se
arch? q=cache:i AyZ qq6jj nEJ :j urnalmahasi
swa.unesa.ac.id/article/1437/19/article.pdf +&cd=5&hl=id&ct=clnk&gl=id
[Diakses 05 Januari 2018]
Sardi, N dkk. (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Bercerita
DongengTerhadap Kemampuan Berbahasa dan Motovasi Anak Kelompok
B TK Kunti II Dalung. [Online] Tersedia dalam
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Angkasa.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT Indeks.
Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sunariyanto. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6
tahun dengan Media Poster Di TK ABA Yogyakarta. [Online] Tersedia
dalamhttp://webcache.googleusercontent.c
om/search?q=cache:1c9ko2HMVbUJjournal.student.uny.ac.id/ojs/index.ph
p/pgpau d/article/viewFile/320/292+&cd=10&hl=i d&ct=clnk&gl=id
[Diakses 05 Januari 2018]
Tarigan, Henry Guntur. (2011). Menyimak Sebagai Keterampilan Bahasa.
Bandung: Angkasa.
Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini: Kencana