Strategi Guru dalam Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Ayudho Selviani Universitas Muhammdiyah Bengkulu
  • Anggi Pertiwi Universitas Muhammdiyah Bengkulu
  • Anisa Martiah Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8215

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pencapaian kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Obeservasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data ada 3 yaitu Reduksi Data, Display Data, dan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Guru telah menggunakan berbagai upaya strategi dalam proses pembelajaran, seperti bapak Piping mengunakan strategi berbasis masalah, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir tapi yang paling sering digunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) sedangkan ibuk Ami mengunakan berbagai macam strategi juga seperti strategi berbasis masalah, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi yang sering digunakan strategi pembelajaran ekspositori.

Downloads

Published

2022-11-02