Respon Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Alternatif Berbasis Teknologi Digital Oleh Komunitas Ruang Abstrak Literasi

Authors

  • Sofyan Sofyan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Handy Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Yohanes Kurniawan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Nurussaniah Nurussaniah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon masyarakat terhadap implementasi pendidikan alternatif berbasis teknologi digital oleh komunitas ruang abstrak literasi di Desa Tallo Kota Makassar. Program digital dilaksanakan oleh komunitas Ruang Abstrak Literasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua pihak yang terkait dengan pengembangan pendidikan alternatif berbasis masyarakat yang menjadi tempat penelitian, termasuk para pendiri dan staf serta relawan komunitas Literasi Ruang Abstrak dan penerima dampak pelaksanaan pendidikan alternatif berbasis masyarakat baik langsung dan tidak langsung dan objek dalam penelitian ini adalah masyarakat. Ruang Abstrak Literasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan alternatif berbasis teknologi digital mendapat respon yang sangat baik oleh masyarakat dan diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan (2) kendala dalam pelaksanaan pendidikan alternatif berbasis teknologi digital. teknologi digital adalah biaya dan sumber daya manusia.

Downloads

Published

2022-10-29