Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA menggunakan Metode Problem Solving
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7994Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan metode problem solving pada materi perubahan wujud benda, peningkatan hasil belajar siswa dengan metode problem solving pada materi perubahan wujud benda di SD Muhammadiyah 1 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: motivasi belajar pada tahap pra siklus persentasenya sebesar 58%, meningkat pada siklus I menjadi 62,5%, dan siklus II menjadi 81,75%. Artinya, motivasi belajar siswa mencapai keberhasilan 76%. Hasil belajar pretest pada tahap pra siklus yaitu 20% dengan rata-rata 60,5, postest siklus I meningkat menjadi 50% dengan rata-rata 73,5. Pada postest siklus II menjadi 90% dengan rata–rata 88,5. Maka ketercapaian hasil belajar melebihi indikator keberhasilan dengan pencapaian ?75.Downloads
Published
2022-10-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizki Anita Bella, Supriyono Supriyono, Muflikhul Khaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).