Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Penyangga
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7993Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem based learning dan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA SMAN 10 Batanghari dengan desain faktorial 2 x 2 dan sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning dan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, namun tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga karena model pembelajaran problem based learning dan kemampuan pemecahan masalah berpengaruh terhadap hasil kemampuan berpikir kreatif siswa secara mandiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga, ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga, tidak ada interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan kemampuan pemecahan masalah.Downloads
Published
2022-10-26
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).