Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Hidrolisis Garam di SMA

Authors

  • Eka Yuniandriyani Universitas Jambi
  • Muhaimin Muhaimin Universitas Jambi
  • M. Dwi Wiwik Ernawati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan perangkat pembelajaran, keterkaitan antar komponen TPACK dan efektifitas e-modul pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R & D) model Hannafin & Peck. Hasil dari penelitian ini adalah RPP dan modul elektronik berbasis TPACK. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media, desain dan ahli materi dan dilakukan revisi produk hingga layak diuji cobakan. Hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil yaitu 72,53% (Baik), kelompok besar 96% (sangat baik) dan respon guru 90,2% (sangat baik), lembar observasi pemecahan masalah 92% (Sangat Baik). Dikembangkan RPP dan modul elektronik dengan Desain Hanaffin and Peck dengan dilakukan validasi oleh tiga tim ahli untuk menguji kelayakan produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki keterkaitan dan saling mendukung antara komponen TPACK. perangkat pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi Hidrolisis Garam dengan dilihat nilai t hitung (27,557) lebih besar dari t tabel (2,048) pada taraf nyata 95%.

Downloads

Published

2022-10-26