Peningkatan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran IPA melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Tempilang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7909Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 4 Tempilang. Penelitian bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keaktifan belajar pelajaran IPA melalui penerapan model discovery. 2) Meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Tempilang melalui model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.(PTK). Satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Tempilang yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi keaktifan belajar siswa dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning telah berhasil dilakukan. 2) penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, tampak peningkatan dari hasil observasi dari skor kondisi awal/pra siklus 54 (rendah), meningkat menjadi 68 (sedang) pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,7(tinggi).Downloads
Published
2022-10-24
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).