Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet tentang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7892Abstract
Pembelajaran merupakan proses komunikasi melalui kegiatan penyampaian informasi kepada peserta didik dengan menggunakan media. Ketersediaan media pembelajaran yang memadai, efektif, dan sesuai dengan materi yang sedang dipelajari dapat membantu peserta didik dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan booklet sebagai bahan ajar tambahan biologi kelas X di SMA Negeri 1 Sunggal. Studi dilakukan dengan metode survei melalui angket kepada 35 orang peserta didik kelas X dan satu orang guru Biologi SMA Negeri 1 Sunggal. Hasil angket menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi Biologi, khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup karena penjelasan yang panjang sehingga kesulitan memahami konsep yang diberikan. Kriteria bahan ajar yang dibutuhkan yaitu materi yang disampaikan lengkap, singkat, jelas, disertai gambar, serta terdapat penjelasan untuk istilah-istilah sulit. Pengembangan booklet sebagai bahan ajar biologi dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup.Downloads
Published
2022-11-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Cindy Attika, Ardi Ardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).