Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penggunaan Media Power Point Interaktif

Authors

  • Delyla Millenia Valent Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keaktifan serta peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media PPT interaktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022 dengan subyek peserta didik kelas IV SD Negeri Ngupasan berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu: 1) Pembelajaran menggunakan media PPT interaktif di kelas IV SD Negeri Ngupasan subtema lingkungan tempat tinggalku terlaksana dengan sangat baik 2) media PPT interaktif dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik 3) media PPT interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media PPT interaktif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi subtema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri Ngupasan.

Downloads

Published

2022-11-04