Pengembangan Video Animasi Berbasis Problem Solving dan Karakter Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas V SD Negeri Kliwonan

Authors

  • Laviola Safriyaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk video animasi berbasis problem solving dan karakter tema 7 peristiwa dalam kehidupan kelas V SD Negeri Kliwonan dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Penelitian ini menghasilkan produk dengan hasil kelayakan dari penilaian validasi ahli media rerata 3,60, ahli materi 3,88 dan praktisi 3,59 dengan kriteria “sangat valid”. Kepraktisan dari angket respon peserta didik uji  terbatas memperoleh 3,03; uji luas 3,02; keterlaksanaan pembelajaran 3,50. Keefektifan pada uji terbatas memperoleh ketuntasan 80% dan uji luas 100% dengan kriteria “sangat efektif”. Dapat disimpulkan bahwa Video Animasi Berbasis Problem Solving dan Karakter Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V SD Negeri Kliwonan dikategorikan sangat valid, praktis dan sangat efektif sehingga layak untuk digunakan.

Downloads

Published

2022-10-27