Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya

Authors

  • Ulfa Nurvitasari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7703

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, desain penelitian menggunakan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kledungkradenan tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Aspek kevalidan dilakukan dengan validasi dosen dan guru mendapatkan persentase 94,2%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran oleh observer I dan observer II mendapatkan persentase 96%. Keefektifan e-modul dilihat dari ketuntasan hasil belajar diperoleh persentase sebesar 91,7% dengan kategori tuntas sehingga E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya dinyatakan efektif untuk digunakan dalam sebuah pembelajaran.

Downloads

Published

2022-10-27