Peningkatan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA melalui Model Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 4 Tempilang, Bangka Barat, Kep. Bangka Belitung

Authors

  • Deswita Natalia Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7683

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada muatan pelajaran IPA kelas IV SDN 4 Tempilang menunjukkan hasil belajar yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPA melalui model discovery learning pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 4 Tempilang, Bangka Barat, Kep. Bangka Belitung. Jenis penelitian ini adalah PTK model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan hasil belajar (kognitif) adalah 70% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70 dan hasil belajar (afektif & psikomotorik) adalah 70% dari jumlah indikator yang diamati pada peserta didik telah mencapai kategori baik yaitu sebesar 70%-84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata peningkatan hasil belajar IPA siklus I 69,19 meningkat menjadi 81,95 pada siklus II. Hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotorik pada siklus I 68,75% (cukup) meningkat menjadi 85,41% (sangat baik) pada siklus II.

Downloads

Published

2022-10-19