Pengaruh Model Circuit Learning Berbantuan Media Bergambar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Pada Pembelajaran Pasca Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7673Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran circuit learning dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction; (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi dibandingkan dengan minat belajar rendah; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian merupakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta PAB 10 Sampali dengan jumlah sampel 40 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data menggunakan two way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran circuit learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction; 2) Hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki minat belajar rendah; dan 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.Downloads
Published
2022-10-19
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).