Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Konstekstual pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7645Abstract
Pembelajaran dikelas seharusnya dilakukan secara interaktif. Akan tetapi, pada kenyataannya pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa merasa bosan dan kesulitan memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang cocok untuk membuat pembelajaran lebih interaktif. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul tematik berbasis kontekstual untuk siswa kelas V SD. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE, yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Ada beberapa instumen penelitian dan pengembangan yang digunakan. Terdiri dari validasi E-modul oleh ahli media dan ahli materi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis ditinjau dari validitas dan kepraktisan. Validitas E-modul ditunjukkan dengan skor rata-rata 3 untuk validator ahli media dan ahli materi yang masing-masing masuk dalam kategori valid dan sangat valid. Kepraktisan E-modul dibuktikan dengan skor rata-rata anget respon peserta didik yang masuk dalam kategori sangat praktis.Downloads
Published
2022-11-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Adhy Pradana, Riawan Yudi Purwoko, Muflkhul Khaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).