Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Konstekstual pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Adhy Pradana Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Muflkhul Khaq Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7645

Abstract

Pembelajaran dikelas seharusnya dilakukan secara interaktif. Akan tetapi, pada kenyataannya pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa merasa bosan dan kesulitan memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang cocok untuk membuat pembelajaran lebih interaktif. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ­e-modul tematik berbasis kontekstual  untuk siswa kelas V SD. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE, yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Ada beberapa instumen penelitian dan pengembangan yang digunakan. Terdiri dari validasi E-modul oleh ahli media dan ahli materi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis ditinjau dari validitas dan kepraktisan. Validitas E-modul ditunjukkan dengan skor rata-rata 3 untuk validator ahli media dan  ahli materi yang masing-masing masuk dalam kategori valid dan sangat valid. Kepraktisan E-modul dibuktikan dengan skor rata-rata anget respon peserta didik yang masuk dalam kategori sangat praktis.

Downloads

Published

2022-11-25