Dukungan Sistem dan Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7591Abstract
Dukungan sistem dalam bimbingan dan konseling terkadang, kurang mendapat perhatian dari pihak sekolah, serta program bimbingan dan konseling hanya dilaksanakan dengan cara yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan betapa pentingnya dukungan sistem dalam layanan BK dan menginformasikan apa yang harus dilakukan terhadap program BK agar tidak monoton. Penelitian ini menggunakan metode kajian literature review dengan cara melakukan penelusuran kepustakaan dengan membaca berbagai buku, jurnal, dan terbitan-terbitan lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dukungan sistem merupakan suatu komponen yang sangat penting untuk mendukung kelancaran layanan BK dan berkaitan untuk meningkatkan kinerja guru BK, (2) Kemajuan teknologi mempengaruhi proses bimbingan dan konseling, sehingga menuntut guru BK untuk bisa memikirkan atau bahkan menciptakan program yang sesuai dengan adaptasi perkembangan dunia, (3) Guru BK harus memiliki keterampilan atau keahlian menyesuaikan baik itu dengan perkembangan zaman atau perkembangan sifat peserta didik.Downloads
Published
2022-10-17
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).