Pengembangan E-Module Berbasis Kearifan Lokal Sub Tema Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Dyah Putri Erryyanti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis kearifan lokal  sub tema pengaruh kalor terhadap kehidupan, mengetahui kelayakan media pembelajaran e-modul berbasis kearifan lokal sub tema pengaruh kalor terhadap kehidupan pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, anget, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa e-modul berbasis kearifan local. Proses kelayakan e-modul diperoleh dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan mendapatkan persentase rata-rata 83,6% dengan kategori sangat valid, aspek kepraktisan dari hasil respon peserta didik  mencapai persentase rata-rata 83% dengan kriteria sangat praktis, aspek keterlaksanaan pembelajaran mencapai persesntase rata-rata 80% dengan kriteria sangat praktis, dan pada aspek keefektifan mencapai persentase rata-rata 86% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian e-modul berbasis kearifan lokal sub tema pengaruh kalor terhadap kehidupan siswa kelas v Sekolah Dasar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efktif sehingga layak digunakan.

Downloads

Published

2022-10-28