Peningkatan Keaktifan Belajar dan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kliwonan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7582Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan pemahaman konsep volume bangun ruang menggunakan model RME. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu 1) kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi, 2) kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) keaktifan belajar pada tahap prasiklus persentasenya sebesar 67,25%, namun meningkat pada siklus I menjadi 74,5%, dan siklus II menjadi 90,75%. Hal ini dapat diartikan, bahwa dengan observasi keaktifan belajar siswa kelas V sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 90% dengan kategori sangat aktif, 2) pemahaman konsep mengalami peningkatan dari persentase pada pretest 35% siswa yang tuntas KKM, pada postest di siklus I naik dengan Persentase menjadi 50% siswa tuntas KKM dan rata-rata mencapai 70,5%. Pada postest di siklus II Persentase ketuntasan siswa naik menjadi 90% dengan rata-rata mencapai 96,5%.Downloads
Published
2022-11-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Luqyana Adhe Fitrian Syuba, Supriyono Supriyono, Muflikhul Khaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).