Analisis Kebutuhan Booklet Terintegrasi Nilai-nilai Islam sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Virus Kelas X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7557Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan peserta didik terhadap booklet pada materi virus. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu satu orang guru biologi yang mengajar di kelas X dan 27 peserta didik dari kelas X IPA1 yang dipilih berdasarkan rata-rata nilai ulangan yang terendah pada materi virus. Hasil penelitian ini yaitu guru belum pernah menggunakan booklet pada materi virus, peserta didik kesulitan dalam memahami materi virus, dan bahan ajar yang digunakan belum terintegrasi nilai-nilai islam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah booklet terintegrasi nilai-nilai islam pada materi virus dibutuhkan sebagai suplemen atau tambahan bahan ajar yang sudah ada sebelumnya, untuk mendukung dan memaksimalkan proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-10-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Sarinami, Zulyusri Zulyusri, Irdawati Irdawati, Ardi Ardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).