Embedding Social Charity and Children’s Education Amid Pandemic Covid-19

Authors

  • Bahagia Bahagia Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Leni Muniroh Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Karim Halim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rimun Wibowo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • M. Azhar Al-Wahid Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Zakky Muhammad Noor LPM Equator Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui covid-19 sebagai momen untuk bakti sosial dan pendidikan anak-anak di rumah seperti agama, kebersihan, pengajian sehari-hari serta pendidikan pertanian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa malapetaka covid-19 sebagai ujian bagi manusia dari Tuhan meskipun sudah selayaknya kekuatan manusia untuk menghadapinya. Ketika orang tua makan bersama di meja makan, anak-anak dapat belajar moralitas ketika mereka makan dan membangun hubungan sosial dalam keluarga karena anggota keluarga dapat tinggal bersama di rumah. Selain itu, anak-anak dapat belajar dalam aktivitas sehari-hari termasuk membersihkan lantai dan halaman. Ini menetapkan tingkat kemandirian anak-anak untuk menyesuaikan perilaku mereka. Orang tua juga memiliki waktu luang untuk memperbaiki dan memberikan pembelajaran agar anak bisa mandi tanpa dibantu. Bahkan orang tua dapat merangsang kegiatan sederhana untuk memberikan pendidikan seperti tindakan pertanian. Hal ini membuat anak-anak mengerti tentang benih, mengolah dan memelihara tanaman di tengah pandemi.

Downloads

Published

2022-10-09