Meta-Analisis Pengembangan E-Module pada Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7341Abstract
Sistem pembelajaran pada era revolusi industri 4.0 menuntut dunia pendidikan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah menggunakan modul berbasis elektronik (e-module). E-module adalah media media pembelajaran yang disusun secara sistematis dan sajikan dalam bentuk elektronik, sehingga dapat diakses melalui smartphone atau personal computer (PC). E-module adalah salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat menampilkan konten multimedia berupa gambar, video, audio, dan animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan e-module pada pembelajaran biologi. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel sejenis dari hasil pencarian beberapa jurnal di situs internet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 artikel terkait pengembangan e-module pembelajaran biologi. Hasil penelitian diperoleh bahwa rerata tingkat validitas pengembangan e-module sebesar 90,55 dengan kategori sangat valid, sedangkan rerata tingkat praktikalitas sebesar 90,74 dengan kategori sangat praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis pengembangan e-module pada pembelajaran biologi dapat dikategorikan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-10-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Popi Ayu Saputri, Rahmadhani Fitri, Syamsurizal Syamsurizal, Irdawati Irdawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).