Meta-Analisis Pengembangan E-Module pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Popi Ayu Saputri Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Negeri Padang
  • Irdawati Irdawati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7341

Abstract

Sistem pembelajaran pada era revolusi industri 4.0 menuntut dunia pendidikan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah menggunakan modul berbasis elektronik (e-module). E-module adalah media media pembelajaran yang disusun secara sistematis dan sajikan dalam bentuk elektronik, sehingga dapat diakses melalui smartphone atau personal computer (PC). E-module adalah salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat menampilkan konten multimedia berupa gambar, video, audio, dan animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan e-module pada pembelajaran biologi. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel sejenis dari hasil pencarian beberapa jurnal di situs internet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 artikel terkait pengembangan e-module pembelajaran biologi. Hasil penelitian diperoleh bahwa rerata tingkat validitas pengembangan e-module sebesar 90,55 dengan kategori sangat valid, sedangkan rerata tingkat praktikalitas sebesar 90,74 dengan kategori sangat praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis pengembangan e-module pada pembelajaran biologi dapat dikategorikan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-10-22