Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Outbound pada Anak Usia Dini di Yayasan H. Abdurrahim Harahap Kecamatan Medan Amplas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7153Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan kegiatan outbound sebagai suatu program pembelajaran untuk anak-anak yang dilakukan di alam terbuka dengan mendasarkan pada prinsip experimental learning yang disajikan dalam bentuk permainan, stimulus, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Salah satu kegiatan bermain yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar anak adalah melalui kegiatan outbound. Outbound dapat menstimulasi fisik dan psikis anak dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di PAUD H. Abdurrahim Harahap terdiri dari 25 anak. Hasil dari penelitian menunjukan pada Pra siklus dengan hasil 56%, meningkatan pada siklus I mencapai 80%, dan siklus II naik menjadi 92%. Hasil pelaksanaan PTK di mulai dari Pra siklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan dan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar anak melalui kegiatan outbound pada anak usia dini di PAUD H. Abdurrahim Harahap.Downloads
Published
2022-12-10
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Evicenna Yuris, Qaulan Raniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).