Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Outbound pada Anak Usia Dini di Yayasan H. Abdurrahim Harahap Kecamatan Medan Amplas

Authors

  • Evicenna Yuris Universitas Muhammadiyah sumatera utara
  • Qaulan Raniyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7153

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan kegiatan outbound sebagai suatu program pembelajaran untuk anak-anak yang dilakukan di alam terbuka dengan mendasarkan pada prinsip experimental learning yang disajikan dalam bentuk permainan, stimulus, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Salah satu kegiatan bermain yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar anak adalah melalui kegiatan outbound. Outbound dapat menstimulasi fisik dan psikis anak dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di PAUD H. Abdurrahim Harahap terdiri dari 25 anak. Hasil dari penelitian menunjukan pada Pra siklus dengan hasil 56%, meningkatan pada siklus I mencapai 80%, dan siklus II naik menjadi 92%. Hasil pelaksanaan PTK di mulai dari Pra siklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan dan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar anak melalui kegiatan outbound pada anak usia dini di PAUD H. Abdurrahim Harahap.

Downloads

Published

2022-12-10