Analisis Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kahoot! Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Elinda Rizkasari Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7151

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hasil analisis penggunaan Kahoot! Sebagai media pembelajaran interaktif dalam mata kuliah Pembelajaran Terpadu. Kahoot! merupakan sebuah website yang dapat menghadirkan suasana kuis yang menyenangkan dan mendukung pembelajaran dalam kelas baik online maupun offline berbasis game education yang dapat digunakan sebagai media asesmen mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan kuesioner Google Form untuk menemukan respon positif dari mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Terpadu. Responden sebanyak 90 mahasiswa yang terbagi menjadi tiga kelompok kelas yakni mahasiswa semester 6 Program Studi PGSD FKIP Universitas Slamet Riyadi pada semester genap 2021. Hasil menunjukan bahwa secara umum terdapat respon positif terhadap antusias mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran dengan media interaktif Kahoot! berbasis game edukatif, desain, fitur dan pola permainan Kahoot! ini menjadi daya tarik bagi mahasiswa, menjadikan lebih antusias, menyenangkan dan meningkatkan minat belajar dalam mata kuliah Pembelajaran Terpadu.

Downloads

Published

2022-09-30