Analisis Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kahoot! Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7151Abstract
Penelitian ini membahas mengenai hasil analisis penggunaan Kahoot! Sebagai media pembelajaran interaktif dalam mata kuliah Pembelajaran Terpadu. Kahoot! merupakan sebuah website yang dapat menghadirkan suasana kuis yang menyenangkan dan mendukung pembelajaran dalam kelas baik online maupun offline berbasis game education yang dapat digunakan sebagai media asesmen mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan kuesioner Google Form untuk menemukan respon positif dari mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Terpadu. Responden sebanyak 90 mahasiswa yang terbagi menjadi tiga kelompok kelas yakni mahasiswa semester 6 Program Studi PGSD FKIP Universitas Slamet Riyadi pada semester genap 2021. Hasil menunjukan bahwa secara umum terdapat respon positif terhadap antusias mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran dengan media interaktif Kahoot! berbasis game edukatif, desain, fitur dan pola permainan Kahoot! ini menjadi daya tarik bagi mahasiswa, menjadikan lebih antusias, menyenangkan dan meningkatkan minat belajar dalam mata kuliah Pembelajaran Terpadu.Downloads
Published
2022-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elinda Rizkasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).