Penerapan Metode Inquiry Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 2 Maron

Authors

  • Ngesti Wardani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7100

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Inquiry Learning dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 2 Maron, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor melalui penerapan metode Inquiry Learning pada siswa kelas V SD Negeri 2 Maron. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Inquiry Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang diperoleh yaitu observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode Inquiry Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari siklus I  ke siklus II meningkat pada siklus II yaitu 89,41%. dengan kategori “kritis”. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor.

Downloads

Published

2022-10-20