Penerapan Metode Inquiry Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 2 Maron
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7100Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Inquiry Learning dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 2 Maron, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor melalui penerapan metode Inquiry Learning pada siswa kelas V SD Negeri 2 Maron. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Inquiry Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang diperoleh yaitu observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode Inquiry Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari siklus I ke siklus II meningkat pada siklus II yaitu 89,41%. dengan kategori “kritis”. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor.Downloads
Published
2022-10-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ngesti Wardani, Nur Ngazizah, Arum Ratnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).