Pengembangan Media Lift The Flap Book untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Tema 7 Subtema I Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Khusnaeni Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7098

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media lift the flap book yang layak untuk menstimulasi kemampuan kognitif Tema 7 Subtema 1 siswa Kelas II sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil kelayakan aspek kevalidan dari ahli media sebesar 93,34% dengan kriteria sangat valid dan dari ahli materi sebesar 78,33% dengan kriteria valid. Aspek kepraktisan dari lembar keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba terbatas dan luas masing-masing sebesar 86,67% dan 93,34% dengan keduanya memperoleh kriteria sangat praktis, hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas dan luas masing-masing sebesar 86% dan 97,85% dengan keduanya memperoleh kriteria sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media lift the flap book layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas II sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-10-22