Pengembangan Media Lift The Flap Book untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Tema 7 Subtema I Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7098Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media lift the flap book yang layak untuk menstimulasi kemampuan kognitif Tema 7 Subtema 1 siswa Kelas II sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil kelayakan aspek kevalidan dari ahli media sebesar 93,34% dengan kriteria sangat valid dan dari ahli materi sebesar 78,33% dengan kriteria valid. Aspek kepraktisan dari lembar keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba terbatas dan luas masing-masing sebesar 86,67% dan 93,34% dengan keduanya memperoleh kriteria sangat praktis, hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas dan luas masing-masing sebesar 86% dan 97,85% dengan keduanya memperoleh kriteria sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media lift the flap book layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas II sekolah dasar.Downloads
Published
2022-10-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Khusnaeni, Supriyono Supriyono, Rintis Rizkia Pangestika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).