Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6579Abstract
Metode konvensional masih diterapkan dalam sistem pembelajaran di Sekolah Dasar. Proses belajar dan mengajar di dalam kelas hanya terpusat pada guru dan buku ajar, sehingga interaksi yang terjalin hanya bersifat satu arah. Proses pembelajaran yang baik harus terjalin secara dua arah. Diperlukan inovasi terkait model pembelajaran guna meningkatkan kemampuan siswa dalam hal penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian literature review atau studi kepustakaan. Studi kepustakaan merupakan ulasan kritis tentang suatu topik. Ulasan tersebut berisi persamaan penelitian yang telah terdahulu atau mengulas terkait ketidaksamaan penelitian yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini literature yang digunakan berasal dari Mesin pencarian Google, Google Scholar dengan keywords pencarian adalah pembelajaran berbasis lingkungan, pembelajaran siswa SD, pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan siswa SD. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terkait pembelajaran berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar di indonesia dan pengaruh tersebut membawa dampak positif terhadap kenaikan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2022-09-19
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fo’arota Gulo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).