Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Indonesia

Authors

  • Fo’arota Gulo SD Negeri 071058 Sogae'adu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6579

Abstract

Metode konvensional masih diterapkan dalam sistem pembelajaran di Sekolah Dasar. Proses belajar dan mengajar di dalam kelas hanya terpusat pada guru dan buku ajar, sehingga interaksi yang terjalin hanya bersifat satu arah. Proses pembelajaran yang baik harus terjalin secara dua arah. Diperlukan inovasi terkait model pembelajaran guna meningkatkan kemampuan siswa dalam hal penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian literature review atau studi kepustakaan. Studi kepustakaan merupakan ulasan kritis tentang suatu topik. Ulasan tersebut berisi persamaan penelitian yang telah terdahulu atau mengulas terkait ketidaksamaan penelitian yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini literature yang digunakan berasal dari Mesin pencarian Google, Google Scholar dengan keywords pencarian adalah pembelajaran berbasis lingkungan, pembelajaran siswa SD, pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan siswa SD. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terkait pembelajaran berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar di indonesia dan pengaruh tersebut membawa dampak positif terhadap kenaikan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-09-19