Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.6488Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada siswa kelas VI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas VI SD Swasta PAB. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Hasil belajar pada aspek kognitif, sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata sebesar 60,69 meningkat menjadi 63,09 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,87. Persentase ketuntasan klasikal 42,86% menjadi 72,35% pada siklus I dan siklus II yaitu sebesar 88,32%. Hasil belajar pada aspek afektif, siklus I nilai rata-rata sebesar 65,48 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 64,57. Persentase ketuntasan klasikal 62,67 menjadi 82,87% dan siklus II ketuntasan klasikal yaitu 80%. Hasil belajar aspek psikomotorik, pada siklus I rata-rata diperoleh 61,59 dan pada siklus II menjadi 76,52. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 65,86% meningkat 82,14%. Peningkatan pada siklus II tersebut telah mencapai target ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 80%.Downloads
Published
2022-06-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).