Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Padlet Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter pada Tema 7 Sub Tema 1 untuk Peserta Didik Kelas V SD

Authors

  • Tyasmoko Taufiq Ros Artanto Universias Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universias Muhammadiyah Purworejo
  • Muflikhul Khaq Universias Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6424

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada sekolah dasar sangat dibutuhkan untuk merangsang pola pikir peserta didik. Media pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan jaman berbentuk digital namun tetap mengedepankan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis padlet terintegrasi nilai pendidikan karakter pada tema 7 sub tema 1 untuk peserta didik kelas V SD dan respon peserta didik. Penelitian menggunakan jenis penelitian (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan rerata skor skala 5. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis padlet menunjukkan kelayakan yaitu dari ahli media diperoleh rerata 4,00 kualifikasi baik, ahli materi diperoleh rerata 4,90 kualifikasi sangat baik, respon peserta didik diperoleh rerata 4,49 kualifikasi sangat baik, dan respon pendidik diperoleh rerata 5,00 dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Padlet terintegrasi nilai pendidikan karakter layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-09-05