Implementasi Pengembangan Kurikulum dan Model Pendekatan Pembelajaran terhadap Inovasi Kurikulum di Masa End Demic Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.6243Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman terkait dengan model dan pendekatan yang dapat diterapkan dalam pengembangan kurikulum sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi di dunia pada umumnya. Pembelajaran Ofline tetap menjadi primadona dalam pendidikan dengan berbagai bentuk dan hasil belajar yang diharapkan, namun di masa End Demic Covid-19 sebagai kelanjutan pandemi Covid-19 pembelajaran Online menjadi kebijakan pemerintah. Melihat kondisi tersebut diperlukan pengembangan kurikulum yang tepat dengan pondasi yang kuat agar arah dan tujuan pengembangannya jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research dengan menggunakan data Pustaka berupa buku-buku dan jurnal sebagai sumber datanya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi model dan pendekatan berkontribusi terhadap pengembangan kurikulum di era new normal ini. Model dan pendekatan memberikan tahapan-tahapan yang tepat serta dapat secara dinamis disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi. Secara teoritis dan praktis, penggunaan model dan pendekatan dapat menyempurnakan pengembangan kurikulum.Downloads
Published
2022-06-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).