CEMPOKA (Cerdas Menyusun Pohon angKA) Peningkatan Pemahaman Bilangan melalui Permainan Pohon Angka pada Anak TKIT Insan Azkia Medan Marelan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6242Abstract
Kemampuan kognitif anak di TKIT Insan Azkia masih belum berkembang dengan baik yang terlihat saat anak mengenal angka, menyalin dan beritung, mengelompokkan yang besar hingga yang kecil dan terlihat bosan ketika belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan pembelajaran yang menggunakan media CEMPOKA (Cerdas Menyusun Pohon angKA) untuk pengembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKIT Insan Azkia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Seluruh anak yang ada di TKIT Insan Azkia berjumlah 18 orang dijadikan subjek penelitian. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu berupa tes lisan, observasi dan dokumentasi, sedangkan data di analisis menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak sebelum diberi perlakuan dg nilai signifikansi sebesar 0,073, dan sesudah diberi perlakuan nilai 0,132. Berdasarkan hasil uji t-test, diketahui nilai probabilitas atau Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang artinya ada perbedaan kemampuan kognitif anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan.Downloads
Published
2022-09-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ririn Ananda Putri, Suci Agustina NS, Siti Mawaddah, Juli Maini Sitepu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).