Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5970Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami penggunaan media loose parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di KB Al Anwar Desa Waluyo Kecamatan Buluspesantren Kebumen. Pengambilan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik pemilihan melalui pertimbangan tertentu dengan 10 narasumber. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Penggunaan media Loose Parts dalam pembelajaran berperan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini dengan cara melakukan seluruh tahapan penggunaan media Loose Parts menggunakan strategi bermain, strategi beres-beres dan menyimpan barang serta berbagai strategi peningkatan kreativitas (penciptaan produk, imajinasi, eksplorasi, eksperimen, proyek, musik dan bahasa). Dalam penggunaan media loose parts terdapat banyak kelebihan dan ada pula beberapa kekurangan media loose parts. Berkaitan dengan hal tersebut, sekolah dan orang tua perlu menjalin kerjasama yang baik sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan media Loose Parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini.Downloads
Published
2022-08-28
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lailatul Mardiyah, Habib Hambali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).