Penerpan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 001 Sawah Baru

Authors

  • Romi laspita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Afriza Rahma Rani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5962

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 001 Sawah Baru. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret- uni 2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penilaian aspek afektif pada siklus 1, 75% meningkat pada siklus II menjadi 85%, penilaian psikomotor pada siklus I 68% meningkat pada siklus 2 menjadi 87%, kemudian hasil belajar pada siklus 1, 53% meningkat pada siklus II menjadi 83%. Motivasi belajar siswa pada siklus I 47% meningkat pada siklus 2 menjadi 83%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learningdi kelas IV SD dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa.

Downloads

Published

2022-06-30