Pendidikan Terpadu: Integrasi Nilai-nilai Keislaman, Kebangsaan, Keacehan dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5871Abstract
Guru masih belum maksimal dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan gambaran potensi dan implementasi nilai-nilai keislaman, kebangsaan, dan keacehan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai keislaman dalam pembelajaran bertumpu pada perpaduan sikap dan moral peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama. Nilai kebangsaan diintegrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan tujuan memperkuat karakter peserta didik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Nilai keacehan yang diintegrasi dalam pembelajaran dengan mengaitkan beberapa alat yang digunakan dalam kehidupan masyarakat Aceh. Integrasi ketiga nilai tersebut bermuara pada pembentukan karakter melalui pola pembiasaan dan penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif, sikap dan perilaku, sehingga memiliki peserta didik memiliki kemampuan akademik, terampil dan berakhlak mulia yang berguna bagi agama bangsa dan negara.Downloads
Published
2022-09-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siraj Siraj, Sayni Nasrah, Muhammad Chairil Abnu, Atta Illah, Bengi Sara Simehate
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).