Pendidikan Terpadu: Integrasi Nilai-nilai Keislaman, Kebangsaan, Keacehan dalam Pembelajaran

Authors

  • Siraj Siraj Universitas Malikussaleh
  • Sayni Nasrah Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Chairil Abnu Universitas Malikussaleh
  • Atta Illah Universitas Malikussaleh
  • Bengi Sara Simehate Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5871

Abstract

Guru masih belum maksimal dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan  dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan gambaran potensi dan implementasi nilai-nilai keislaman, kebangsaan, dan keacehan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai keislaman dalam pembelajaran bertumpu pada perpaduan sikap dan moral peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama. Nilai kebangsaan diintegrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan tujuan memperkuat karakter peserta didik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Nilai keacehan yang diintegrasi dalam pembelajaran dengan mengaitkan beberapa alat yang digunakan dalam kehidupan masyarakat Aceh. Integrasi ketiga nilai tersebut bermuara pada pembentukan karakter melalui pola pembiasaan dan penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif, sikap dan perilaku, sehingga memiliki peserta didik memiliki kemampuan akademik, terampil dan berakhlak mulia yang berguna bagi agama bangsa dan negara.

Downloads

Published

2022-09-22