Persepsi Mahasiswa PBSI-UNIKAL terhadap Aplikasi Tiktok untuk Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5695Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi telah menciptakan berbagai media sosial yang dapat dijadikan media pembelajaran, salah satunya adalah TikTok. Penelitian bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan persepsi mahasiswa PBSI-Unikal terhadap TikTok untuk media pembelajaran abad 21 dan pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia abad 21. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah FKIP Unikal. Sampelnya adalah mahasiswa PBSI angkatan tahun akademik 2018-2019 semester genap 2021/2022. Hasil penelitian menghasilkan (1) persepsi mahasiswa PBSI-Unikal terhadap aplikasi TikTok untuk media pembelajaran bahasa dan sastra abad 21 yang dihasilkan dibagi menjadi tiga indikator yaitu peminatan aplikasi TikTok, positif dan negatif TikTok, dan TikTok digunakan sebagai media pembelajaran, (2) pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia menghasilkan bahwa media pembelajaran dalam penelitian ini dapat menghasilkan nilai-nilai edukatif, nilai kreatif dan nilai kolaboratif yang selaras dengan prinsip pembelajaran abad 21.Downloads
Published
2022-07-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nada Oktafiani, Muhammad Haryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).