Persepsi Mahasiswa PBSI-UNIKAL terhadap Aplikasi Tiktok untuk Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Abad 21

Authors

  • Nada Oktafiani Universitas Pekalongan
  • Muhammad Haryanto Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5695

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah menciptakan berbagai media sosial yang dapat dijadikan media pembelajaran, salah satunya adalah TikTok. Penelitian bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan persepsi mahasiswa PBSI-Unikal terhadap TikTok untuk media pembelajaran abad 21 dan pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia abad 21. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah FKIP Unikal. Sampelnya adalah mahasiswa PBSI angkatan tahun akademik 2018-2019 semester genap 2021/2022. Hasil penelitian menghasilkan (1) persepsi mahasiswa PBSI-Unikal terhadap aplikasi TikTok untuk media pembelajaran bahasa dan sastra abad 21 yang dihasilkan dibagi menjadi tiga indikator yaitu peminatan aplikasi TikTok, positif dan negatif TikTok, dan TikTok digunakan sebagai media pembelajaran, (2) pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia menghasilkan bahwa media pembelajaran dalam penelitian ini dapat menghasilkan nilai-nilai edukatif, nilai kreatif dan nilai kolaboratif yang selaras dengan prinsip pembelajaran abad 21.

Downloads

Published

2022-07-31