Zoom Cloud Meeting sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5686Abstract
Zoom Cloud Meeting sebagai salah satu media pembelajaran jarak jauh terpopuler banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Indonesia pada pandemi covid-19 banyak mahasiswa yang sudah menggunakan media zoom dalam aktivitas perkuliahan, seminar baik dikampus dan diluar kampus.Sebagian besar mahasiswa tersebut menggunakan media zoom karena mudah, fleksibel sebagai media pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media Zoom Cloud Meeting dalam pembelajaran jarak jauh selain untuk berkomunikasi dan penyampaian pesan dalam materi perkuliahan dengan tata cara yang sama dengan perkuliahan offline yang terdiri dari Ceramah, Presentasi, Diskusi dan tanya jawab.Tulisan ini bertujuan melihat bagaimana peran Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran Jarak Jauh. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, Teknik analisis data interaktif melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa zoom sebagai media pembelajaran jarak jauh sangat berperan dalam proses perkuliahan yang berfungsi sebagai sarana edukasi, sarana evaluasi, sarana penyambung informasi, serta sarana layanan konsultasi.Downloads
Published
2022-07-27
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).